Miliarder media eksekutif dan filantropis Oprah Winfrey terkenal karena membawakan acara bincang-bincangnya sendiri yang populer secara internasional dari tahun 1986 hingga 2011. Dari sana ia meluncurkan jaringan televisinya sendiri, OWN.
Oprah Winfrey adalah pembawa acara talk show, eksekutif media, aktris dan dermawan miliarder. Dia terkenal karena menjadi pembawa acaranya sendiri, program yang sangat populer, The Oprah Winfrey Show, yang ditayangkan selama 25 musim, dari 1986 hingga 2011. Pada 2011, Winfrey meluncurkan jaringan TV-nya sendiri, Oprah Winfrey Network (OWN).
Lahir di kota pedesaan Kosciusko, Mississippi, Winfrey pindah ke Baltimore pada tahun 1976, di mana ia menjadi pembawa acara People Are Talking. Setelah itu, dia direkrut oleh stasiun TV Chicago untuk menjadi pembawa acara paginya sendiri.
Winfrey lahir di kota pedesaan Kosciusko, Mississippi, pada 29 Januari 1954. Setelah masa remaja yang bermasalah di sebuah komunitas pertanian kecil, di mana dia mengalami pelecehan seksual oleh sejumlah kerabat laki-laki dan teman-teman ibunya, Vernita, Winfrey pindah ke Nashville tinggal bersama ayahnya, Vernon, seorang tukang cukur dan pengusaha.
Pada tahun 1971, Winfrey masuk Universitas Negeri Tennessee. Dia mulai bekerja di siaran radio dan televisi di Nashville.
Pada tahun 1976, Winfrey pindah ke Baltimore, Maryland, di mana ia menjadi pembawa acara sbobet acara obrolan TV People Are Talking. Acara itu menjadi hit dan Winfrey bertahan selama delapan tahun, setelah itu dia direkrut oleh stasiun TV Chicago untuk menjadi pembawa acara paginya sendiri, A.M. Chicago.
Pesaing utamanya dalam slot waktu adalah Phil Donahue. Dalam beberapa bulan, gaya pribadi Winfrey yang terbuka dan ramah telah memenangkan 100.000 lebih banyak pemirsa daripada Donahue dan telah membawa acaranya dari tempat terakhir ke peringkat pertama.
Winfrey meluncurkan The Oprah Winfrey Show pada tahun 1986 sebagai program sindikasi nasional yang berlangsung selama 25 tahun, hingga 2011. Dengan penempatannya di 120 saluran dan pemirsa 10 juta orang, acara tersebut meraup $125 juta pada akhir tahun pertama, dari yang Winfrey terima $30 juta.
Dia segera memperoleh kepemilikan program dari ABC, menggambarnya di bawah kendali perusahaan produksi barunya, Harpo Productions (‘Oprah’ dieja terbalik) dan menghasilkan lebih banyak uang dari sindikasi.
Pada tahun 1994, dengan acara bincang-bincang menjadi semakin sampah dan eksploitatif, Winfrey berjanji untuk menjaga acaranya bebas dari topik tabloid. Meskipun peringkat awalnya turun, dia mendapatkan rasa hormat dari pemirsa dan segera dihargai dengan peningkatan popularitas.
Proyek dengan Harpo termasuk miniseri TV 1989 dengan rating tinggi, The Women of Brewster Place, yang juga dibintangi oleh Winfrey.
Pada tahun 2004, Winfrey menandatangani kontrak baru untuk melanjutkan The Oprah Winfrey Show hingga musim 2010-11. Pada saat itu, pertunjukan sindikasi terlihat di hampir 212 stasiun AS dan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.
Pada tahun 2009, Winfrey mengumumkan bahwa dia akan mengakhiri programnya ketika kontraknya dengan ABC berakhir, pada tahun 2011.
Winfrey berkontribusi besar pada dunia penerbitan dengan meluncurkan “Klub Buku Oprah” sebagai bagian dari acara bincang-bincangnya. Program ini mendorong banyak penulis yang tidak dikenal ke puncak daftar buku terlaris dan memberikan kesenangan membaca jenis baru dari ketenaran populer.
Winfrey melanjutkan klub bukunya. Pada tahun 2018, ia mewawancarai mantan Ibu Negara Michelle Obama untuk merilis memoarnya, Becoming.